Hikmah Ramadhan

Nama-nama Ramadhan yang agung

Dan diantara bulan yang agung adalah bulan Ramadhan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan/maghfirah Allah SWT. Ramadhan adalah Syahrut Tarbiyah dan Sahrul Jihad. Inilah nama-nama lain bulan Ramadhan yang penuh hikmah ini. Ramadhan adalah tamu yang sangat agung yang selalu dinanti dan ditunggu oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Ada beberapa hikmah dari bulan yang penuh berkah dan maghfirah ini, yaitu sesuai dengan nama dari bulan Ramadhan itu sendiri. Bulan Ramadhan memiliki banyak nama disamping Ramadhan itu sendiri, diantaranya ialah :

1. Syahrut-Tarbiyah (Bulan Pendidikan)
Kenapa bulan Ramadhan disebut dengan syahrut Tarbiyah/bulan pendidikan? Karena pada bulan ini kita dididik langsung oleh Allah SWT, seperti menjaga makan pada waktu yang telah diatur oleh Allah SWT sendiri, sehingga kesehatan kitapun terjaga. Atau kita diajarkan oleh Allah SWT supaya bisa mengatur waktu dalam kehidupan kita. Kapan waktu makan, kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat dan kapan waktu ibadah.

2. Syahrul Jihad (Bulan Perjuangan)
Pada masa Rasulullah justru peperangan banyak terjadi pada bulan Ramadhan dan itu semua dimenangkan kaum muslimin. Yang paling penting kita rasakan sekarang adalah kita berjihad melawan hawa nafsu kita sendiri, sehingga kita tetap bersungguh-sungguh menjalan aktifitas kita.

3. Syahrul Qur’an (Bulan Al-Qur’an)

Al-Qur’an pertama kali diturunkan di bulan Ramadhan dan pada bulan ini sebaiknya kita banyak membaca dan mengkaji kandungan Al-Qur’an sehingga kita faham dan mengerti perintah Allah yang terkandung di dalamnya.

4. Syahrul Ukhuwah (Bulan Persaudaraan)

Pada bulan ini kita merasakan sekali ukhuwah diantara kaum muslimin terjalin sangat erat dengan selalu berinteraksi di masjid, mushalla atau tempat-tempat yang biasanya tidak dipakai untuk tempat shalat, maka di bulan yang agung ini kita rubah menjadi tempat ibadah, khususnya Qiyamul Lail (shalat malam) dengan berjama’ah. Dan diantara tetangga juga saling mengantarkan berbagai macam makanan untuk iftar jama’i (buka puasa bersama) sehingga antara kaum muslimin terasa sekali kebersamaan, persaudaraan dan kesatuan kita.

5. Syahrul Ibadah (Bulan Ibadah)
Bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan ibadah karena pada bulan ini kita benar-benar memaksimalkan ibadah kita, baik yang wajib maupun yang sunnah, karena yang sunnahpun pahalanya mendapatkan pahala ibadah wajib. Qiyamul Lail (shalat malam, tadarus Al-Qur’an) adalah menjadi target dan ibadah yang seharusnya kita laksanakan.

Itulah diantara nama-nama bulan yang agung dari bulan Ramadhan. Semoga kita bisa melaksanakannya. Amin.

Sumber : Abu Mahbub dalam Risalah Ramadhan situs Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: