Untaian Doa

Segala puji bagi Allah yang setiap kali kami menyeruNya, maka Dia cepat membalas seruan kami. Segala sanjungan kami persembahkan, karena Engkaulah yang Maha Agung, Maha Besar, Maha Kaya, Maha Perkasa, Maha Bijaksana, Maha Adil, Maha segalanya… Duhai Tuhan kami… kali ini kami datang mengetuk pintu rahmatMu agar Engkau curahkan segala bentuk rahmat kepada kami. Ya.. Allah… Engkau asuh kami diwaktu kecil dengan segenap nikmat dan kebaikanMu. Dan Engkau tidak pernah melupakan kami setelah besar.

Wahai yang telah mengasuh kami di dunia ini dibawah naungan kebaikan karunia dan seluruh nikmatNya. Kami memohon padaMu dengan curahan air mata penyesalan. Kami menyeru padaMu dengan hati yang telah ternoda oleh kedurhakaan. Berapa banyak mereka yang telah kami zalimi; secara zahir maupun bathin. Tersembunyi ataupun terang-terangan. Terorganisir maupun secara individu. Betapa angkuhnya kami dengan ilmu yang kami miliki. Dan kami tidak sadar bahwa itu merupakan anugerahMu. Betapa riya’nya kami dengan kekayaan yang kami miliki. Dan kami tak menyadari bahwa itu adalah titipan dariMu. Betapa sombongnya kami dengan jabatan duniawi. Dan kami tidak sadar bahwa itu merupakan amanah dariMu yang dipercayakan kepada kami. Ilahi… sungguh semua itu bisa hilang dalam sekejap. Ampunilah kami Yaa…. Allah, jika hati kami masih dipenuhi rasa; angkuh, sombong, riya’, takabbur, hasud, merasa paling benar, paling suci, paling mulia dan segala macam bentuk kedzaliman.

Yaa… Rahman, kami berdoa kepadaMu dengan penuh rasa; takut, cinta, berharap, takut dan juga rindu. Penuhilah kerinduan kami kepadaMu dengan memudahkan perjalanan haji kami. Jadikanlah perjalanan suci ini adalah semata-mata ayunan langkah kaki menujuMu. Engkaulah sahabat kami dalam perjalanan ini, Yaa.. Allah… Untuk itu pula, dengan penuh keikhlasan kami titip seluruh anggota keluarga yang kami tinggalkan padaMu. Ikhlaskanlah hati mereka untuk melepas kepergian kami. Jadikanlah linangan air mata mereka saat melapas keberangkatan kami, adalah air mata kebahagiaan. Sertakan selalu doa kami bersama mereka, dan doa mereka selalu bersama kami. Berilah mereka ketabahan, kelapangan, kesabaran, ketenangan saat ketiadaan kami. Pertemukan kembali kami bersama mereka di bumi pertiwi ini Duhai pemilik Kekuasaan.

Yaa.. Rahiim… jadikanlah haji kami adalah haji yang mabrur, dosa kami adalah dosa yang terampuni, usaha kami adalah yang selalu diiringi rasa syukur.

Yaa… Ghaffaar… betapa besar harapan kami. Namun perbuatan kami amat buruk. Maka berikanlah kami luasnya ampunanMu, yang sepadan dengan harapan kami. Janganlah kau siksa kami sesuai dengan perbuatan kami yang terburuk. Berilah kesabaran dan ketabahan bagi saudara-saudara kami ditimpa musibah. Kasihanilah mereka sekarang ini.

Yaa… Rahman, saat mereka tidak mempunyai sandaran lagi kecuali hanya kepada Engkau semata. Balutlah luka hati anak negeri ini dengan ampunanMu, kasihMu, serta rahmatMu. Pandanglah mereka dengan pandangan kasih sayangMu. Hanya Engkaulah sang pemilik cita rasa cinta yang Maha tinggi.

Duhai pengasuh semesta alam, bebaskan hati kami dari riya’, keraguan, pamrih dalam agamaMu, sehingga kelak agama kami murni hanya untukMu. Maafkanlah kami, jika telah membuatMu cemburu, saat kami lebih mencintai; suami kami, istri kami, anak kami, keluarga kami dari padaMu. Sungguh hanya padaMu lah cinta yang tulus itu harus kami persembahkan.

Yaa Allah… kami berlindung padaMu dari kemalasan, kelemahan, kesusahan, kepengecutan, kekikiran, kelalaian, kekarasan hati, kemiskinan, kefakiran, kepapaan, dan segala bencana. Kami berlindung padaMu dari seluruh keburukan yang terlihat maupun yang tersembunyi. Kami berlindung padaMu dari nafsu yang tak puas. Perut yang tak pernah kenyang. Hati yang tak konsentrasi. Doa yang tak didengar. Dan amal yang tak berguna. Wahai yang Maha Mendengar dan Melihat, tak seorang pun yang dapat melepaskan kami dariMu. Tak akan kami dapat perlindungan selain dariMu. Maka, janganlah Engkau jadikan diri kami berada dalam siksaMu, walau sebentar saja. Jangan Engkau campakkan kami dalam kebinasaan. Jangan Engkau lemparkan kami dalam azab yang pedih. Kabulkanlah doa dari kami, tinggikan dzikir kami. Jadikanlah hati kami selalu terpaut padaMu. Lisan kami selalu basah dengan untaian zikir. Angkatlah derajat kami, turunkanlah beban kami. Jangan Engkau bongkar aib kami, kesalahan kami, kenistaan kami. Jadikanlah keridhoanMu dan surga sebagai pahala majlis kami, pahala tutur kata kami, serta pahala doa kami. Jagalah kami dengan penjagaanMu, kasihanilah kami dengan kasihMu yang tanpa batas, rahmatilah kami dengan rahmatMu yang maha luas.

Yaa Arhamarrahimin… pada malam ini kami berbaiat atas namaMu, mengetuk pintu ampunanMu.

Ya Allah… kami adalah si kecil Kau asuh….. Si bodoh yang kau ajari, orang tersesat yang telah kau bimbing. Orang hina yang Kau muliakan. Orang takut yang telah Kau amankan. Si lapar yang telah Kau kenyangkan. Si haus yang telah Kau puaskan. Si miskin yang Kau cukupkan. Si lemah yang telah Kau kuatkan. Si hina yang telah Kau muliakan. Si sakit yang telah Kau sembuhkan. Peminta yang Kau beri. Pendosa yang telah Kau tutupi. Pelaku salah yang Kau ringankan. Yang terusir yang Engkau lindungi.

Duhai pengasuh kami… berilah kami semua apa yang kami minta padaMu. Maafkanlah kesalahan kami, saudara-saudara kami, kerabat kami, orang tua kami, muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat. Sungguh hanya kepadaMu kami gantungkan harapan… duhai pemilik Alam Semesta. Betapa merananya kami jika engkau putuskan tali kasihMu. Engkau perintahkan agar jangan menolak peminta-peminta di depan pintu rumah kami. Sungguh,.. saat ini kami datang kepadaMu sebagai peminta.

Ya Allah… telah terbentang bagi kami jalan-jalan menujuMu. Telaga-telaga pengharapanMu dicurahkan. Permintaan pertolongan bagi yang mengharapMu diperbolehkan. Pintu-pintu doa padaMu terbuka bagi para perintih. Dan kami pun mengetahui bahwa Engkau akan mengabulkan permintaan orang-orang yang berharap dan akan menolong mereka yang terdesak. Engkau perhatikan mereka yang mengeluh penuh sesal dalam pengawasan dan pertolonganMu.

Duhai yang Maha Mendengar, perantara kami kepadaMu adalah doa kami. Maka terimalah doa kami. Amien…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: